Dana Bansos Pemkot Tahun 2015 Patut Dicurigai

April 19, 2017
Ilustrasi (ist) 

BANDARLAMPUNG- Soal tidak jelasnya penggunaan dana bantuan sosial dan hibah yang disalurkan pemerintah Kota Bandarlampung dan sempat menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sekitar Rp60 miliar pada anggaran tahun 2015 lalu, patut dicurigai.

Hal ini dikatakan Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum 98 Bandarlampung Diska Rama Wijaya bahwa perlu adanya campur tangan aparat penegak hukum dalam menelusuri penggunaan dana bansos dan hibah tersebut, agar tidak ada penyelewengan​.

"Dana bansos itu kan uang negara. Sudah jelas dong di dalam hukum pidana kita, bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan anggaran negara harus jelas peruntukannya, artinya perlu dipantau dan ditelusuri," ucapnya.

Yang menjadi pertanyaan, kata dia, apakah dana itu sudah sampai kepada penerimanya? Jika belum berarti ada suatu hal yang patut dicurigai.

"Dari sisi hukumnya bisa saja itu masuk dalam tindak pidana korupsi. Karena uang negara dikelola oleh seseorang pemangku jabatan," tegasnya.

Sebelumnya, Pusat Perjuangan Rakyat Lampung (PPRL) mempertanyakan kejelasan penggunaan dana bansos dan hibah ke pemerintah Kota Bandarlampung yang sempat menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sekitar Rp60 miliar pada anggaran tahun 2015 lalu.

“Kok aneh ya aparat hukumnya pada diam saja (tutup mata). Kenapa masyarakat tidak diberi tahu terkait kejelasan dana itu oleh pemerintah setempat,” kata Humas Pusat Perjuangan Rakyat Lampung (PPRL), Yohannes Joko Purwanto, Selasa, (18/4).

Semestinya aparat hukum juga dapat mendorong keinginan warga Bandarlampung yang menginginkan kejelasan penggunaan anggaran dana bansos dan hibah itu sekaligus untuk membuat efek jera seorang pemimpin agar dapat berlaku terbuka mengenai segala informasi kegiatan yang menggunakan uang masyarakat.

“Padahal uang yang digunakan itu uang masyarakat, tapi kok masyarakat tidak boleh untuk mengetahui penggunaannya,” sindirnya.

Masyarakat Bandarlampung berhak mengetahui kejelasan penggunaan dana bansos dan hibah yang disalurkan oleh pemerintah setempat. Pasalnya, anggaran itu berasal dari masyarakat yang taat dalam membayar pajak. (#) 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »