Bangunan Pondasi SDN 03 Kota Metro Disoal, Sekdisbud: PPK-nya Banyak

July 17, 2017


Kerangka bangunan yang diduga menyalahi aturan

Metro - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro tampaknya harus lebih memperketat melakukan pengawasan pada pembangunan infrastruktur fisik di Bumi Sai Wawai. Seperti pembangunan pondasi pagar SDN 03 Kecamatan Metro Barat yang diduga dikerjakan tidak sesuai spesifikasi.

Berdasar data yang dihimpun media ini, seharusnya pengerjaan pondasi menjadi suatu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi untuk menempatkan bangunan dan meneruskan beban yang disalurkan dari struktur atas ke tanah dasar. Namun pantauan di lapangan, terlihat pelaksanaan pembangunan pondasi pagar SDN 03 yang menggunakan anggaran APBD Kota Metro TA 2017 menggunakan batu bata sebagai bahan material untuk pembuatan pondasi awal dan material besi sebagai cor sloof yang digunakan dinilai terlalu kecil.

Diduga pihak ketiga pun tidak mengindahkan tentang kewajiban pemasangan papan nama proyek di lokasi proyek sebagaimana diatur Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum (PU) No. 29/PRT/M/2006 tentang pedoman persyaratan teknis pembangunan. Pasalnya tidak ditemukan plang informasi pekerjaan di lokasi tersebut.

Saat dikonfirmasi, pekerja yang ada dilokasi pun tidak dapat memberikan keterangan terkait dugaan pembangunan tidak sesuai spesifikasi dan tidak terpasangnya plang pekerjaan.

"Saya enggak tahu mas kalo plangnya, tanya langsung saja sama yang punya mas, kalo kami ini cuma kerja. Yang punya Aang," ketus salah seorang pekerja yang tidak mau memberitahu namanya, Senin(17/07/2017).


Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Metro, Dewi Alina enggan memberikan informasi lebih jauh siapa Pajabat Pembuat Komitmen (PPK) pada pekerjaan tersebut.

"PPK-nya itu banyak, saya enggak tahu, coba tanya yang lain," tuturnya. (Bams)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »