Bupati Lampung Selatan Geram dengan Dinas Pertanian, Ini Masalahnya

July 17, 2017

Bupati Zainudin Haan memberikan sambutan

Lampung Selatan : Zainudin Hasan Bupati Lampung Selatan, geram kepada Dinas Pertanian lantaran bantuan dari pemerintah pusat diberikan kepada kelompok tani (Poktan) yang sudah pernah mendapat bantuan.

"Dari jaman Alif sampai sekarang yang mendapatkan bantuan ya cuma kelompok itu-itu saja, bantuan Hand Ttractor kelompok, bantuan pupuk dan bibit jagung yang dapat kelompok yang sama," ketus Zainudin, Senin (17/7/2017) saat menghadiri penandatangan NPHD dengan Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Desa Suka Banjar Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan.

Zainudin menceritakan didepan forum, pada rapat bersama Menteri Pertanian RI, Komite ll Dewan Perwakilan Rakyat -Republik Indonesia (DPR-RI) Gedung Senayan belum lama ini. Semua poktan di Lampung Selatan, kata Zainudin, sudah teregister dikementerian terkait, bantuan bisa diberikan kepada seluruh poktan yang telah teregister.

"Jadi, bantuan program pertanian di berikan pada kelompok yang sudah teregister dan tidak dapat di rubah. Itu bisa-bisaan Kadisnya saja pak bupati," beber Zainudin mengikuti ucapan menteri pertanian.

"Saya tegaskan, kepada seluruh dinas harus melakukan gerakan dibawah dan langsung bertemu dengan masyarakat supaya ada transparansi. Bantuan jangan  bertumpuk di satu Kecamatan A atau di desa A ," tegas Zainudin.

Salin menyentil satker di kabupaten, Zainudin juga meminta kepada kepala desa (Kades) agar berlaku adil kepada warganya yang membentuk beberapa kelompok tani maupun kelompok lainnya. Kades juga diminta, agar mensosialisasikan kepada warganya, bagaimana caranya membuat usulan program dari pusat (jemput bola).

"Kades ajari warganya untuk membuat kelompok tani, dan ajari pemudanya berkelompok supaya dana dari pusat dapat di turun di desa masing-masing, seperti yang kita lakukan hari ini," tukasnya. (eko)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »