Bupati Mustafa Meresmikan Jalan Kampung Gunungsari

July 13, 2017
Bupati Mustafa
Lampung Tengah - Bupati LampungTengah Dr. Ir. Hi. Mustafa meresmikan jalan kampung Gunungsari Kecamatan Gunungsugih, Rabu (12/07/2017) malam. Peresmian dilakukan bersamaan dengan ronda yang dilakukan bupati di sejumlah kampung di kecamatan setempat. 

Jalan sepanjang 2.100 meter ini merupakan pembangunan yang bersumber dari alokasi dana kampung (ADK) yang diterima kampung setempat. Sesuai dengan instruksi bupati, dari anggaran ADK sebagian dialokasikan untuk pembangunan jalan sepanjang 2 km di masing-masing kampung.

Menurut Mustafa ini menjadi salah satu upaya pemerintah kabupaten melakukan pemerataan pembangunan. Pemerintah telah mengalokasikan Rp388 miliar untuk pembangunan kampung, dimana masing-masing kampung menerima anggaran Rp600 juta-Rp1 miliar per kampung.

Anggaran tersebut dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur, peningkatan keamanan melalui ronda, pembinaan masyarakat dan pemuda, serta untuk pembangunan di bidang lainnya. Dari Anggaran tersebut telah dibangun 620,25 jalan kampung, sumur bor 187 titik, gorong-gorong 694 unit, talud 77,140 meter dan onderlagh 15,91 meter

"Pemerintah daerah telah melakukan pembangunan jalan yang dimulai dari kampung. Karena pembangunan di kampung sangat berpengaruh pada kemajuan kabupaten Lamteng. Untuk itu, program 2 km jalan di kampung harus digulirkan, sehingga masyarakat bisa merasakan langsung pembangunan," ujarnya.

Sementara terkait keamanan, ronda masih menjadi program unggulan. Masyarakat diminta untuk proaktif dalam menjaga keamanan di masing-masing kampungnya. "Ronda ini sangat penting untuk menjaga keamanan. Sebab kita tidak mungkin terus mengandalkan aparat kepolisian dan TNI yang personelnya terbatas. Kita harus bantu mereka lewat ronda,” imbuh Mustafa.

Mustafa melanjutkan, upaya meningkatkan pembangunan tentunya peran serta masyarakat didalamnya. Sinergitas antara pemerintah dan masyarakat diyakini mampu meningkatkan percepatan pembangunan di Lampung Tengah.

"Lampung Tengah meski masyarakatnya heterogen, namun juga kita punya semangat yang sama, Insya Allah roda pembangunan ditingkatkan. Tidak ada ribut-ribut untuk kepentingan golongan. Kita punya visi dan cita-cita yang sama, yakni mewujudkan Lampung Tengah yang lebih baik,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Gunungsari Mistam mengatakan, menjalankan amanah dari bupati, pihaknya telah merampungkan pembangunan 2 kilometer jalan lapen di kampungnya. "Alhamdulillah program pembangunan jalan lapen di kampung kami sudah terlaksana, " ujarnya.

Dia berharap infrastruktur yang baik akan memudahkan akses transportasi warga di Kampung Gunungsari, khususnya dalam membawa hasil bumi para petani setempat. “Semua yang menjadi program bupati telah kami implementasikan, termasuk pemberdayaan masyarakat, pemuda dan santunan bagi masyarakat yang membutuhkan,” pungkas Mistam.(Rendra)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »