DPRD Kota Metro Gelar Paripurna terkait Pendapat Akhir atas Persetujuan Penetapan Raperda Inisiatif

July 24, 2017


Metro - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro menggelar rapat paripurna terkait Pendapat Akhir atas Persetujuan Penetapan Raperda Inisiatif DPRD tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Metro, yang berlangsung di ruang sidang DPRD setempat, Senin(24/07/2017).

Dalam sambutannya Wali Kota Metro Achmad Pairin menyampaikan, di dalam proses penyusunan raperda ini kita telah mempertimbangkan berbagai hal, dari beban kerja dan tanggungjawab DPRD sebagai unsur penyelenggaraan pemerintah, dinamika ekonomi sosial dan arah pembangunan, kemampuan keuangan daerah, dan terpenting keseimbangan antara eksekutif dan legislatif sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Pairin juga ucapan terimakasih atas inisiatif dan kerjasamanya dalam pembahasan perda tersebut khususnya kepada Panitia Khusus II dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah yang telah melakukan rapat-rapat dan kajian pembahasan perda ini secara intensif.

 “Dengan adanya perda ini, yang mengatur Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah adalah sebagai upaya dari DPRD untuk meningkatan kinerja dari seluruh anggota dewan untuk lebih meningkatkan fungsi dan kewenangan DPRD dalam melaksanakan kinerja sebagai wakil rakyat,” ungkapnya.

Melanjuti pernyataan tersebut, Pairin mengingatkan bahwasanya masih ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bersama agar Raperda tersebut nantinya dapat dilaksanakan dengan baik sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

“Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih kepada semua Anggota DPRD, yang telah menyetujui  raperda ini untuk disahkan menjadi  Peraturan Daerah. Kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Metro, mari terus lanjutkan tugas dan tanggung jawab kita sehingga pelaksanaan perda ini dapat berjalan taat aturan dan taat azas dan dengan semangat kebersamaan dapat mendukung pelaksanaan pembangunan di Kota Metro yang kita cintai,” tutup Pairin.

Agenda tersebut dihadiri oleh Walikota Metro, Wakil Walikota Metro, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Metro beserta Anggota, Fokorpimda Kota Metro, Sekda Kota Metro, Staf Ahli dan Asisten Sekda Kota Metro, Kepala Satker di Lingkungan Pemkot Metro, Camat dan Lurah, serta undangan yang turut hadir. (Bams)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »