DPW APSI Lampung Siap Gelar Ujian Profesi Advokat

July 18, 2017
Hermawan
Bandarlampung- Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (DPW APSI) Provinsi Lampung sejak dikukuhkan pada tahun 2016 yang lalu telah melaksanakan Pendidikan Pelatihan Profesi Advokat (PPPA) sebanyak dua kali yang kerjasama dengan Fakultas Syariah UIN Radin Untan Lampung. Pendidikan Pelatihan Profesi tersebut diperuntukkan bagi sarjana lulusan fakultas Hukum umum.

"Maupun Fakultas Syariah guna berprofesi sebagai advokat sesuai UU NO 18 Tahun 2003 tentang advokat," ujar Ketua DPW APSI Lampung 

Hermawan,S.HI.,MH.,CM.,SHEL, melalui pesan tertulis, Selasa(18/07/2017).
Di sela kesibukannya sebagai advokat dan mediator alumnus Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung ini menegaskan bahwa bagi calon advokat yang telah melaksanakan pendidikan advokat dari organisasi advokat lainnya seperti PERADI, KAI, Peradin dan lain-lain boleh mengikuti ujian advokat yang digelar oleh APSI.

"Dan nantinya akan diadakan penyesuaian baik bersifat administrasi dan sebagainya," urainya.

Advokat yang dilahirkan baik dari APSI maupun lainnya sejatinya sama, selama menjalankan amanah UU No. 18 Tentang Advokat yang nantinya apabila sudah melaksanakan tahapan sesuai aturan maka akan dilantik dan disumpah oleh Pengadilan Tinggi setempat. 

"Hanya saja memang calon advokat yang dilahirkan oleh APSI memiliki kekhususan keterampilan menangani kasus atau perkara yang berkenaan dengan kesyariaahan seperti konflik ekonomi syariah, perbakkan syariah dan hukum kekeluargaan tentunya tapi tidak menafikkan kemampuan dalam hal menangani perkara pidana dan perdata lainnya," ungkapnya.

Hermawan mengajak kepada advoat khususnya alumnus fakultas syariah dan hukum umum yang ada di Lampung agar dapat mengikuti diklat dan ujian yang dilaksanakan oleh APSI lampung pada masa-masa mendatang. (**)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »