Lampung Selatan Kekurangan Ratusan Tenaga Medis

July 19, 2017

Jimmi Hutapea

Lampung Selatan - Kabupaten Lampung Selatan mengalami kekurangan ratusan tenaga medis atau personil perawat. Sehingga berdampak pada pelayanan terhadap masyarakat yang berobat.

Kekurangan tenaga perawat diakui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan Jimmy Hutapea saat diwawancarai usai menghadiri pelantikan pengurus DPD PPNI Kabupaten Lampung Selatan, di Aula Rajabasa perkantoran bupati, Rabu (18/07/2017).

"Ya, secara keseluruhan kita memang kekurangan ratusan tenaga perawat," ungkap Jimmy Hutapea tanpa menyebutkan jumlah real kekurangan tenaga perawat.

Dirinya mengatakan, kekurangan perawat tidak hanya terjadi ditingkat kabupaten. Hal yang sama pun terjadi ditempat kesehatan tingkat kecamatan.

"Seperti di RSUD Bob Bazzar SKM Kalianda kekurangan. Begitu juga di 13 Puskesmas disejumlah kecamatan di Lampung Selatan mengalami kekurangan tenaga perawat," jelas mantan Direktur RSUD Bob Bazzar SKM Kalianda.

Diungkapkannya, saat ini kurang lebih terdapat 110 perawat di RSUD Bob Bazzar. Jumlah tersebut, tambah Jimmy tidak berimbang dengan jumlah tempat tidur RSUD Bob Bazzar sebanyak 162 buah.

"Jumlah perawat di RSUD itu masih kurang banyak. Sedangkan puskesmas rawat inap yang kita miliki jumlah perawatnya masih jauh dari layak ideal jumlah perawat. Belum lagi, jika kita menerapkan program 1 desa 1 perawat?," tukasnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Lampung Selatan sendiri terdapat 602 orang tenaga perawat baik ditempat kesehatan pemerintah maupun swasta. (eko)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »