Pemda Lampung Tengah Dukung Perfilman

July 20, 2017
Lampung Tengah- Dalam rangka meningkatkan budaya perfilman di Kabupaten Lampung Tengah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lamteng akan bekerjasama dengan Pusat Pengambangan Perfilman (Pusbang Film) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk kelola perfilman berbasis kearifan lokal.

Plt. Kadis Disdikbud Lamteng Drs. A. Helmi, M.M, mengatakan, untuk menghidupkan budaya lokal memang sangat perlu dibuat film yang menceritakan adat budaya daerah. Ini nantinya akan meberikan sebuah pemahaman dan pembelajaran bagi pasyarakat seperti apa budaya itu terbentuk. Maka sangat perlu dilakukan pelatihan produksi film fiksi dan dokumenter berbasis kerifan lokal.

"Dengan adanya pelatihan perfilman yang mengangkat akar budaya daerah dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, diharapkan para tokoh seniman bisa menularkan ilmu yang diberikan,"jelasnya.

Helmi menuturkan, bahwa inti pada kegiatan ini untuk melatih para pelatih tari, para tokoh jawa, seniman di Lamteng."Outputnya kita akan membuat film bertemakan daerah, yang akan menceritakan adat budaya Lampung,"ungkapnya.

Dari sisi pendidikan tentu pihaknya sangat mendukung, karena Dinas Pendidikan sekarang menyatu dengan Kebudayaan. Dengan adanya perfilman yang menyajikan budaya lokal, secara otomatis kegiatan kebudayaan meningkat. 
"Kami tentu sangat berterimakasih dengan adanya acara ini. Otomatis kegiatan kebudayaan meningkat dan dirasakan di masyarakat  bagaimana membangkitkan adat istiadat di Lamteng,”pungkasnya.‎(Rendra)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »