DPRD Tanggamus Gelar Paripurna LHPP LKPJ Bupati Tanggamus

February 09, 2018
TANGGAMUS (Journallampung.com) : Tanggamus menggelar rapat paripurna penyampaian Laporan Hasil Pembahasan Persetujuan DPRD dan Pendapat Akhir Kepala Daerah Terhadap LKPJ Bupati Tanggamus Akhir Masa Jabatan tahun 2013-2018, Jumat (9/2).

Ketua Pansus LKPj AMJ Yoyok Sulistyo mengatakan, berdasarkan hasil pembahasan antara pansus dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tanggamus, pansus memberikan sejumlah catatan. Antara lain, keamanan dan ketertiban masyarakat agar lebih ditingkatkan. Khususnya keamanan di sepanjang jalur dua menuju RSUD Batin Mangunang. Sebab banyak dikeluhkan masyarakat dan pengguna jalan jalur itu rawan tindak kejahatan.
Kemudian permasalahan lampu jalan, perlu penertiban. Mengingat pajak penerangan jalan yang dibayarkan mencapai nilai yang signifikan. Tapi faktanya masih kurang memuaskan. Lalu pansus juga menyoroti kurangnya keamanan serta pengelolaan tempat tempat rekreasi di Tanggamus.

"Kemudian banyaknya kendaraan milik Pemkab Tanggamus, tetapi peruntukannya kurang layak. Sehingga operasional kurang maksimal. Terakhir, kurang kuatnya sinergitas antar-OPD dalam mencapai visi dan misi Pemkab Tanggamus," kata Yoyok.
Dari sejumlah catatan tersebut, atas nama pansus dia berharap, agar pemkab bersama dinas terkait, benar-benar hadir untuk memastikan perbaikan dan penyelesaian masalah tersebut. Demi peningkatan dan kemajuan pembangunan, baik fisik maupun mental serta peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap pemkab.

Selain memberikan catatan, pansus juga tidak segan memberikan apresiasi atas sejumlah prestasi yang ditorehkan Pemkab Tanggamus terhitung dari tahun 2013-2018. Di antaranya mengapresiasi bidang pendidikan, atas pencapaian prestasi pada even-even kegiatan provinsi, nasional, serta internasional. Lalu dalam rangka merealisasikan misi membangun manusia yang berkualitas dan agamis.
Pada bidang kesehatan, pansus mengapresiasi pembangunan infrastuktur. Terutama puskesmas yang sangat banyak membantu masyarakat, serta pelayanan kesehatan kepada masyarakat mulai dilaksanakan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sebagai penyelenggara Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

"Kami juga mengapresiasi progres rencana pembangunan kawasan industri pertahanan (KIP) dan Kawasan Industri Maritim (KIM) yang merupakan pilar pengembangan potensi ekonomi di Lampung dalam kaitan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)," ujar Yoyok.

Paripurna Jumat sore dipimpin Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, S. Sos dan dihadiri 27 anggota dewan. Turut mendampingi Heri saat memimpin sidang, Wakil Ketua II Aris Budianto, S. Pd, Wakil Ketua III Sunu Jatmiko, S. Sos. Dari unsur Eksekutif, hadir Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I., Sekkab Hi. Andi Wijaya, Forkopimda, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tanggamus, dan para Camat.
Agenda rapat diawali dengan pembacaan daftar kehadiran anggota dewan dan surat-surat masuk oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Suratman. Lalu dilanjutkan dengan laporan hasil pembahasan pantia khusus (pansus) LKPj AMJ tahun 2013-2018 yang dibacakan ketua pansus.

Sementara itu, Bupati Tanggamus Samsul Hadi menanggapi sejumlah catatan yang diberikan pansus mengatakan bahwa akan menjadi bahan perbaikan terhadap penyelenggaraan pemda Tanggamus secara keseluruhan pada periode yang akan datang.

"Apa yang menjadi catatan dari dewan menjadi pelecut agar kedepan lebih lagi. Terimakasih juga kepada DPRD dan semua pihak yang selama ini telah bersatu-padu dalam mewujudkan kemajuan dan keberhasilan pembangunan di Tanggamus. Semoga kebersamaan ini tetap dapat terus dipertahankan, demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Tanggamus," pungkas Samsul. (adv)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »