Forkopinda Tanggamus Nyatakan Siap Wujudkan Pilkada Damai

Rapat Forkopinda Tanggamus. foto Agus Nurmanto Pikiran Lampung
Tanggamus- Menjelang Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung serta Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus 27 Juni 2018 mendatang KPU, Panwaskab dan Forkopimda Tanggamus menghadiri rapat koordinasi Desk Pilkada yang digelar Kesbangpol di Ruang Rapat Utama kantor Sekretariat Pemkab Tanggamus, Jumat (11/5/2018).

Dalam rapat tersebut semua pihak nyatakan kesiapanya masing-masing dalam rangka mewujudkan Pilkada serentak 2018 yang aman, kondusif dan selalu menjaga netralitas. 

Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra dalam kesempatan rapat tersebut menyampaikan bahwa, masa tahapan pilkada Tanggamus hingga saat ini masih dalam tahapan kampanye, dan KPU Tanggamus masih dalam pembentukan KPPS  dan perbaikan DPT.

"Pemungutan suara akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018, yang menjadi perhatian krusial kita adalah saat masa tenang," ungkapnya. 

Lalu Ketua Panwaskab Tanggamus Dedi Fernando, MH pun menyampaikan, pihaknya akan menjalankan tugas dan fungsinya sesuai Juknis sebagai pengawasan. 

"Sesuai dari fungsi pengawasan pelaksanaan pilkada, kami akan selalu melakukan sosialisasi, tertutama terhadap pejabat publik.

Selanjutnya Dedi mengatakan, pihaknya akan selalu terus berusaha mengingatkan kepada ASN tetap menjaga netralitas. 

"Dan Alhamdulillah sampai saat ini sementara belum ada ASN yang terlibat dalam kegiatan dukung - mendukung salah satu Paslon," katanya. 

Lalu kemudian Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol Aditya juga menyampaikan rasa syukur karena telah dilaksanakan kegiatan debat kandidat beberapa waktu lalu telah berjalan lancar dan aman.

"Kami Polres dan dibantu oleh TNI memohon dukungannya oleh seluruh stekholder terkait agar pelaksanaan Pilkada ini nantinya juga dapat berlangsung lancar dan kondusif," ujarnya. 
 
Sementara itu, Kapten Inf. Rusdi, Pasi Inteldim 0424 Tanggamus menegaskan, TNI sesuai dengan UU tetap menjaga netralitas. 

"Dalam pelaksanaan pilkada TNI bersifat perbantuan kepada Polri, sehingga TNI selalu intens dalam koordinasi dengan Polri serta unsur terkait dalam upaya terlaksananya  pilkada serentak tahun 2018," tegasnya. 

Selain itu muncul pula pernyataan yang disampaikan Gatra Yudha, SH Mewakili Kejaksaan Negeri Tanggamus bahwa, sesuai tugas pokok dan fungsinya Kejari Tanggamus akan selalu memantau jalanya Pilkada yang akan digelar pada Juli 2018 mendatang. 



"Kami akan selalu berkoordinasi dan meminta bantuan dari unsur terkait dalam masalah pelanggaran pilkada," pungkas Gatra Yudha. (Agus). 

Post a Comment

0 Comments