Jelang Ramadan, Tradisi Belangiran Nyaris Punah

ilustrasi Belangiran. foto ist 
Bandarlampung Seperti di daerah lainnya di Indonesia, iwarga di Provinsi Lampung juga punya tradisi unik menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Yakni tradisi Belangiran atau dalam bahasa Lampung disebut belangikhan. 
Namun, sayangnya saat ini tradisi tersebut mulai hilang di masyarakat Lampung. Kalaupun masih ada yang melaksanakan, itupun sangat langka. Hal ini juga ditambah dengan 'minim'nya dukungan dari pemerintah untuk melestarikan tradisi tersebut. 

Dari informasi yang ada, Belangiran merupakan tradisi turun-temurun yang diwariskan nenek moyang suku Lampung. Secara harfiah, belangiran berarti mandi bersama untuk menyucikan diri dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan.


Dalam beberapa tahun terakhir, terutama menjelang berakhirnya masa jabatan Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. beberapa waktu lalu tradisi belangiran dihidupkan lagi. Namun, beberapa tahun terahir pelaksanaan Belangiran tak dilaksanakan lagi. Banyak, pihak berharap tradisi tersebut bisa terus dapat dilaksanakan dan dilestarikan. Semoga di tahun ini, Belangiran tetap bisa dilaksanakan oleh warga dan pemerintah daerah. (tim)   

Post a Comment

0 Comments