Kejurda Karate Bupati Tanggamus Cup Resmi Dibuka

Tanggamus-Kejuaraan daerah Karate Dalam memperebutkan piala Bupati Tanggamus Cup II, resmi dibuka, Selasa (8/5/2018). Lomba karate ini sendiri telah berlangsung pada 3 sampai dengan 9 mei 2018.

Dengan mengusung tema "Mensinergikan Kearifan Lokal Dengan Sistem Pembinaan Untuk Meraih Prestasi Tertinggi Karateka di Kabupaten Tanggamus" itu dibuka oleh Pj Bupati Tanggamus Ir. Zainal Arifin, MT, serta dihadiri oleh perwakilan Federasi Olahraga Karate Indonesia (FORKI) Provinsi Lampung, dan Forkopimda Kabupaten tanggamus.Wasit, para pelatih, dan para atlet peserta Kejuaraan daerah.


Dalam sambutanya Pj Bupati Tangganus Zainal abidin mengatakan, Selama selang beberapa transisi waktu, olahraga mulai menjadi cara untuk mempersatukan bangsa. Seringkali olahraga berhasil merangkul hampir semua Iapisan masyarakat, untuk bersama-sama berkumpul menyaksikan euphoria untuk mendukung atlet-atlet dan tim kesayangannya dari seluruh pelosok negeri.


"Selain itu prestasi olahraga menjadi salah satu tujuan Negara dalam membangun nasionalisme, bahkan sebagai sarana dan prasarana untuk membangun bangsa dan karakter. Kondisi jasmani dan rohani yang kuat akan memberikan landasan yang kuat pula terhadap pengembangan," Ujarnya.


Zainal mengaku Sumber Daya Manusia. Bangsa yang kuat dan besar terutama ditentukan oleh Sumber Daya Manusia nya. Berpijak pada hal tersebut, sebagai salah satu unsur pendukung berjalannya cita-cita dan tujuan Negara, maka tidak ada alasan kuat bagi Kami, jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus untuk tidak memberikan dukungan dan atensi positif atas keinginan cabang olahraga dalam memajukan olahraga di Bumi Begawi Jejama, Masih menurutnya Faktor Pengembangan Sumber Daya Manusia tentunya menjadi alasan utama kami. Dengan pepatah olahraga yang seringkali kita dengar pada saat sekolah.


"Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Dengan kesehatan jiwa, maka manusia dan setiap insan pembangunan akan memiliki kejernihan dalam upaya membangun," Jelas Zainal.


Zainal juga berpesan dalam Pembangunan olahraga di Kabupaten Tanggamus harus mengejar ketertinggalan dengan daerah Iain. Kita masih memiliki kendala dalam sistem pembinaan. Belum terarahnya sistem pembinaan, baik dari segi pembinaan, pembibitan bahkan pengkaderan merupakan masalah besar dalam pembinaan olah raga di daerah ini. Oleh karena itu, diperlukan kreativitas dan ke inginan untuk belajar yang lebih lagi, bagi para pelatih dan Pembina dalam mendidik para atletnya


"Dan Sedikit demi sedikit mulai mengalami perkembangan hal ini terbukti dengan meningkatnya peringkat Kabupaten Tanggamus dalam pergelaran  PORPROV VIII tahun 2017, lalu Semula pringkat 13, menjadi pringkat 8 dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung," terangnya.


Hal ini juga, lanjut Pj Bupati, berbanding Iurus dengan prestasi di cabang olah raga karate,dengan memperoleh 2 emas, perak dan 8 Perunggu, karateka Tanggamus, dari 15 kabupaten/kota yang menjadi peserta PORPROV pada cabang olahraga karate.


"Kami jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus sangat berharap, dengan kuatnya Bushido para pelatih dan karateka yang akan bertanding mulai hari ini hingga besok, agenda Kejurda akan berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga para atlet yang mendapat gelar juara, dapat menjadi salah satu rujukan bagi Pengurus FORKI Kabupaten Tanggamus maupun Dinas Pemuda dan Olahraga untuk mengikutsertakan dalam kompetisi di ajang yang lebih tinggi, mengharumkan Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Bahkan level nasional," Tegasnya.


Sementara laporan ketua panitia yang di sampaikan oleh Kepala dinas Pemuda dan olah Raga Kabupaten tanggamus M. Riza Pahlevi, MM menyampaikan, penyelenggaraan Kejurda Bupati Tanggamus Cup ll ini berangkat dari pemikiran bahwa untuk mendapatkan atlet karate yang berprestasi tentu tidak hanya cukup dengan latihan yang rutin namun juga mengikuti kompetisi-kompetisi agar proses latihan diterapkan dapat diuji dan dievaluasi.


"Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanggamus berkomitmen untuk memajukan olahraga dari sisi Pembinaan dan Prestasi. Hal itu terlihat jelas dalam salah satu program kerja Dispora tanggamus yang telah menetapkan Kejuaraan Kejuaraan Daerah Karate Bupati Tanggamus Cup II dalam agenda kegiatan di tahun ini," Terangnya.


Masih menurutnya bahwa, Bupati Tanggamus Cup sudah pernah diselenggarakan di tahun 2016, dengan mengundang seluruh Pengurus Kabupaten FORKI dan Perguruan karate se-Provinsi Lampung.


"Pada saat itu penyelenggaranya adalah FORKI Kabupaten Tanggamus. Untuk tahun 2018 ini, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanggamus bermaksud menyelenggarakan even yang sama dengan sasaran yang berbeda, yaitu mengundang seluruh perguruan karate yang ada di Kabupaten Tanggamus," ungkapnya.


Lebih lanjut Riza Pahlevi menerangkan, terjaringnya bibit yang potensial dan berbakat untuk dapat dibina Iebih Ianjut bagi pemerintah daerah maupun oleh cabang olahraganya, agar ke depannya dapat meraih prestasi maksimal dan mengharumkan Kabupaten Tanggamus di kancah nasional bahkan internasional.


"Untuk diketahui Pembukaan pendaftaran sejak tanggal 16 april lalu berahir pada 7 mei 2018.

Pada kejuaraan ini akan di pertandingkan dari 6 katagori usia, mulai dari usia dini, hingga kelas under 21, dengan mengundang atlet utusan dari seluruh tempat latihan karate se-Kabupaten Tanggamus. Total peserta yang mengikuti Kejurda ini terdiri atas 12

kontingen, dengan jumlah atlet sebanyak 196 orang," pungkasnya. (Agus).

Post a Comment

0 Comments