Plt. Bupati Lampung Timur Sesalkan Pelatihan Jurnalis para Kades

May 17, 2018
Plt. Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari (kiri)
Lampung Timur - Plt. Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menyampaikan, pelaksanaan kegiatan pelatihan jurnalis bagi perangkat desa yang dikordinir  BPMPD pada 25 April itu merupakan sebuah penyimpangan.

"Ada pelatihan jurnalis kades itu memang saya ketahui beberapa hari lalu, dari beberapa kepala desa. Terus terang saya kaget, dan aneh, karena tidak ada laporan ke saya selaku Plt.Bupati," kata Zaiful Bokhari kepada sejumlah awak media di ruang kerja Asisten I Sekretariat Pemda Lampung Timur Rabu (16/05).

Ia mengaku, usai acara pelatihan, ia memanggil para kepala desa, dimana kegiatan tersebut itu sudah menyimpang dari yang seharusnya.

"Pada saat saya kumpulkan beberapa kepala desa agar kegiatan seperti itu jangan diikuti lagi, tidak sesuai tupoksinya. Kalau memang kegiatan itu masuk dalam program, seharusnya sudah ada laporan kepada saya selaku Plt. Bupati," ucap dia yang mengaku, kegiatan tersebut tidak ada pemberitahuan kepadanya selaku Plt Bupati.

Zaiful juga menyampaikan hasil klarifikasinya secara lisan dari para jepala desa terkait anggaran atau biaya yang dibebankan bagi tiap kepala desa sebagai peserta Diklat, dan dari mana dasar anggaran tersebut, penentuan tempat  dan lain sebagainya.

"Ketika saya tanya kepada para kades, pelaksanaan kegiatan tersebut dikenakan biaya berapa dan satu kamar itu berapa orang. Mereka (Kades) mengaku, tiap kamar dua orang, dan biaya dikenakan Rp 2.910.000,00 per desa. Coba kalau kita hitung, duit itu banyak, kan sayang juga hanya dihabiskan di Bandar Lampung," ungkapnya.

Ia juga mengingatkan kepada para pejabat publik untuk tidak alergi dan takut kepada para insan pers ataupun LSM.
"Saya juga meminta kepada kawan-kawan media dan LSM yang ada di Lamtim ini untuk terus mengontrol kegiatan yang ada. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan membenahi ini. Lamtim  adalah milik kita bersama, mari kita bawa Lamtim ini ke arah yang lebih baik lagi," ungkapnya.

Seperti diketahui beberapa hari ini ramai menjadi pemberitaan pada media, dimana para kepala desa se-Kabupaten Lampung Timur telah mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik yang dimotori oleh Kantor Badan Pemerintahan Masyarakat Desa (BPMD).  (FR)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »