Pungli dan Orgen Tunggal Jadi Sasaran Tim Gabungan Razia Ramadan

Tim yang terdiri dari Polisi, TNI dan Sat Pol-PP saat lakukan razia terpadu jelang bulan Ramadhan di Dermaga Dua Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus, Sabtu (12/5) malam. foto Agus Nurmanto Pikiran Lampung
Tanggamus- Jelang Ramadhan, tim gabungan yang terdiri dari Polisi (Polres Tanggamus) TNI (Kodim 0424 Tanggamus) dan Sat Pol PP Tanggamus, lakukan razia Terpadu di Kecamatan Kotaagung hingga Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus. 

Razia terpadu itu dipimpin langsung oleh Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, SIK., M.Si bersama Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arh. Anang Hasto Utomo, Sabtu (12/5) malam.

Razia terpadu dilaksanakan guna meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah tersebut. Dengan sasaran tindakan pemalakan, pungutan liar dan orgen tunggal melewati batas izin.

Rute razia sendiri berawal dari Kecamatan Kota Agung Barat di pos LJ yang berada di Pekon Belu Kecamatan Kota Agung Barat dan tidak ditemukan pelaku pungli, pos LJ juga telah dirobohkan warga dan tidak terlihat aktifitas mencurigan di pos tersebut. Lalu perjalanan dilanjutkan ke pos Pekat IB-P2LBT di Jalan Raya Pekon Negeri Ngarip Kecamatan Wonosobo, hal sama juga tidak terlihat aktifitas di pos tersebut. Namun petugas gabungan langsung mengosongkan isi dalam pos berupa kursi serta merobohkan plang nama pos P2LBT.

Lalu Tim bergerak ke P3JL di Jalan Raya Pekon Sanggi Kecamatan Bandar Negeri Semuong, namun tidak terlihat aktifitas dan lampu penerangan juga seluruhnya mati. Lantas dilakukan penggeledahan di pos tersebut hanya ditemukan alas tidur, kursi dan meja yang kemudian diangkut petugas. Kemudian tim menyusuri jalin lintas barat (Jalinbar) hingga ke perbatasan Pesisir Barat, dan hasilnya nihil. 

Menurut Rahmat, pengemudi mobil pribadi yang melintas dari arah Pesisir Barat saat di tanyai tim razia mengatakan selama perjalanan tidak melihat adanya aktifitas pungli.

"Dari Lampung Barat hendak ke Bandar Lampung, Alhamdulillah dari Lampung Barat sampai kesini aman-aman pak," ungkapnya.

Usai kegiatan, Kapolres AKBP I Made Rasma menjelaskan bahwa bersama-sama stakholder terkait, Kodim 0424 Tanggamus, Satpol PP melaksanakan kegiatan dalam rangka memelihara situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilukada serentak tahun 2018 dan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

"Kegiatan yang kita lakukan adalah patroli ke daerah-daerah yang rawan kriminalitas tujuannya adalah guna mencegah seluruh kabupaten Tanggamus yang aman dan kondusif sehingga masyarakatnya dapat melaksanakan ibadah bulan suci Ramadan tersebut dengan khusuk," kata AKBP I Made Rasma.

Sambungnya, dari kegiatan tersebut tidak ditemukan adanya pungli dan kriminalitas di Jalinbar Tanggamus maupun di tempat hiburan rakyat di Kota Agung.

Ditambahkan Dandim Letkol Arh. Anang Hasto Utomo bahwa pelaksanaan pengamanan Kamtibmas menjelang Ramadhan akan terus dilaksanakan secara terpadu sejak sore hingga malam. 

"Pengamanan ketertiban masyarakat menjelang bulan Ramadhan yang telah dilaksanakan, kiranya kedepan kegiatan seperti ini terus dilaksanakan bersama-sama guna menciptakan Tanggamus yang lebih aman dan lebih maju ke depan," tandasnya. (Agus). 

Post a Comment

0 Comments