Foto ist
BANDAR LAMPUNG  – Dosen Institut Informatiika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Dr. Onno W Purbo menjadi juri dalam kompetisi SATU Indonesia Awards 2018. Pakar IT internasional itu menjadi juri bersama pakar dari berbagai bidang lainnya, seperti bidang lingkungan hidup, kesehatan, dan pendidikan.

“Penghargaan itu meerupakan Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia. Lomba itu seiring dengan semangat Sumpah Pemuda, PT Astra International Tbk yang mempersembahkan Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2018 bagi generasi muda,” kata Onno W Purbo melalui pesan emailnya, Jumat (22/6/2018).

Menurut Onno menilai kaum muda yang tak kenal lelah akan memberi manfaat bagi masyarakat di seluruh penjuru tanah air. “Apresiasi diberikan kepada lima anak bangsa atas setiap perjuangan di bidang: Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Kesehatan, Teknologi dan satu Kelompok yang mewakili lima kategori tersebut.

Mulai tahun ini, akan diadakan seleksi tingkat provinsi yang akan mendapatkan apresiasi. Sementara itu, penerima tingkat nasional masing-masing kategori akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp60 juta dan pembinaan kegiatan.

Onno W Purbo yang merupakan dosen tetap IIB Darmajaya masuk dalam tim juri sebagai Pakar Teknologi Informasi. “Jangan lupa periode pendaftaran 22 Maret – 22 Agustus 2018 Melalui www.satu-indonesia.com,” kata Onno.

Berdasarkan pengumuman lomba, syarat dan ketentuan kandidat penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2018 adalah, berusia maksimal 35 tahun, Individu atau kelompok (minimal 3 orang), kegiatan harus orisinal, kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun, belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional.

Selain itu, bukan karyawan Grup Astra dan Tempo Media Group, dapat mendaftarkan orang lain yang memenuhi persyaratan dan ketentuan mengikuti SATU Indonesia Awards 2018. Dan keputusan juri tidak dapat diganggu gugat

Sedangkan dewan juri penghargaan tersebut adalah Prof. Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana Universitas Indonesia), Prof. Nila Moeloek (Menteri Kesehatan Republik Indonesia), Prof. Fasli Jalal (Guru Besar Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta), Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan), Onno W. Purbo (Pakar Teknologi Informasi) serta dari PT Astra International Tbk dan Tempo Media Group.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya Ir. Hi. Firmansyah Y Alfian, MBA., M.Sc., berharap banyak mahasiswa kampus biru mengikuti kompetisi itu. “Apalagi, bukan hanya soal IT, tapi juga soal pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan pendidikan,” kata Firmansyah.

Dia juga mengharapkan agar mahasiswa IIB Darmajaya bisa menggali potensi diri dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. “Kampus kami banyak mahasiswa yang menciptakan berbagai temuan dalam penelitian tugas akhir, mudah-mudahan ada yang bisa bermanfaat untuk kepentingan orang banyak,” kata dia. (**)