Kampus IIB Darmajaya. Foto ist
BANDAR LAMPUNG – Bagi sebagian calon mahasiswa, kuliah di luar negeri bisa dikatakan sebuah mimpi. Menjawab kebutuhan mahasiswa untuk kuliah di luar negeri sehingga bisa meningkatkan daya saing global telah banyak yang dilakukan kampus biru Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya.

“IIB Darmajaya sudah banyak menjalin kerjasama dengan perguruan di luar negeri. Kami juga menyusun program berkualitas untuk mahasiswa IIB Darmajaya, sehingga mahasiswa tertarik mengikuti program-program yang kami tawarkan dengan biaya terjangkau,” kata Rektor IIB Darmajaya Ir. Firmansyah Y. Alfian., MBA., M.Sc.

Firmansyah juga mengatakan pemahaman yang keliru jika kuliah di luar negeri itu mahal. Hal itu bisa dibuktikan sejak tahun 2010, puluhan mahasiswa IIB Darmajaya bisa kuliah bahkan menyelesaikan tugas akhir kuliah di kampus yang mereka inginkan. “Yaitu dengan menggunakan pola kerjasama dengan universitas-universitas luar negeri,” kata dia.

Perguruan tinggi luar negeri yang sudah bekerjasama dengan IIB Darmajaya, kata dia, diantaranya; Bristol University of The West England, University of Technology Malaka Malaysia, Sharda University India, Rajamangala University Bangkok Thailand, dan lain sebagainya.

“Mahasiswa bisa mengikuti program ke luar negeri melalui Program Student Mobility and Joint Research, Passage To Asean, International Internship, Joint Degree, dan nternation Class Program Study of Management,” kata Firmansyah.

Sementara, Novita Sari Idham, dosen Jurusan Manajemen B Darmajaya, mengatakan kuliah di luar negeri bukan hanya masalah gengsi. Dengan kuliah di luar negeri, kemandirian mahasiswa akan terasah dan terbiasa dengan kondisi yang jauh berbeda dengan di Tanah Air.

“Pada akhirnya kuliah di luar negeri akan memberikan keuntungan yang berlipat-lipat. Ketika mahasiswa lulus dan siap terjun ke masyarakat, ijazah luar negeri akan menjadi catatan plus bagi perusahaan yang akan menerima karyawan. Karena semua mahasiswa yang kuliah pasti ingin sukses dalam perekonomiian global,” kata penulis Novel Menembus Batas ini.

Sedangkan Rhegita Indah Purnama Sari, mahasiswa IIB Darmajaya menceritakan banyak pengalamannya selama kuliah di Rajamangala University of Technology Krungthep Bangkok Thailand.

“Banyak pengalaman selama mengikuti kuliah di kampus itu, semua dai program yang ditawarkan di IIB Darmajaya. Dan, kita juga bisa saling memperkenalkan kebudayaan di sana (Thailand),” kata mahasiswi berhijab itu. (rls)