TANGGAMUS ( Journallamlung.com ) : Pencegahan Demam Berdarah Dengue  ( DBD ) dengan cara  Pembasmian jentik nyamuk ( Larva Aedes  Aegypti ) melalui pengsapan (fogging ) untuk 60 rumah warga oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus di pekon Sinar Semendo,  ( senin 16/07/18 )

Pencegahan Demam Berdarah Dengue  ( DBD ) banyak cara yang bisa di lakukan, salah satunya melalui pengasapan  ( fogging ),  hari ini fogging dilakukan oleh petugas dari puskesmas Kecamatan Talangpadang di Pekon Sinar Semendo

Pembasmian jentik nyamuk ( Larva Aedes Aegypti ) melalui fogging di pekon Sinar Semendo oleh petugas bersama aparatur desa setempat, di tempatkan pada dua titik, fokus pengasapan pada dua titik ini yaitu, sekitaran rumah warga /masyarakat, yang telah dinyatakan positif terkena gejala atau positif terkena DBD,  melalui hasil uji Laboratorium dari rumah sakit.

Di pekon Sinar Semendo sendiri sudah ada dua warga/masyarakat yang dinyatakan positif DBD satu warga di RT 02, dan satu warga di RT 03,

Titik pengasapan dilakukan pada 30 rumah di wilayah dari tempat tinggal warga yang telah dinyatakan positif terkena  DBD oleh pihak Rumah Sakit, di Pekon Sinar Semendo ada dua titik satu titik di Rt 02 dan satu titik Rt 03  dengan jumlah total dari kedua titik ini ada 60 rumah warga yang di berikan pengasapan ( fogging ).

Ada pun menurut Hans Prasetya Putra  selaku seketaris Desa ( Sekdes )  pekon Sinar Semendo, untuk kita bisa mendapatkan bantuan fogging atau pengasapan ini, pihak desa harus mengajukan ke puskesmas atau Dinas Kesehatan setempat dengan menyertakan surat hasil tes atau uji Laboratorium dari pihak Rumah Sakit kalau warga telah dinyatakannya positif terkena DBD oleh pihak Rumah Sakit.
" Kita mengajukan untuk dilakukan pengasapan pencegahan atau Pembasmian jentik nyamuk ( Larva Aedes Aegypti ) ke puskesmas atau Dinas Kesehatan dengan menyertakan hasil tes Laboratorium, bahwa benar warga dari pekon tersebut telah dinyatakan positif terkena DBD, di pekon kita ada dua dinyatakan positif terkena DBD, yang satu dari RT 03 Alhamdulillah sudah diperkenankan untuk pulang dari perawatan di Rumah Sakit Pringsewu, bisa dikatakan sudah fase penyembuhan, dan satu warga lagi dari RT 02 sekarang masih masa perwatan atau pengobatan, semoga warga kita yang sedang mengalami musibah ini segera sembuh dan bisa beraktifitas seperti biasa". tuturnya.

Lanjutnya "di Pekon Sinar Semendo ini ada sekitar 60 rumah totalnya yang kita berikan pengasapan oleh petugas dari Puskesmas Talangpadang, 30 rumah diwilayah Rt 02, dan yang 30 di wilayah RT 03, tentunya 60 rumah yang diberikan pengasapan itu di fokuskan pada sekitaran wilayah tempat tinggal warga yang dinyatakan telah positif terkena DBD " tutupnya.

( Di kutip dari Hello Sehat oleh Lika Aprilia Samiadi ) Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Demam berdarah DBD dulu disebut penyakit �break-bone� karena kadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa retak.

Demam berdarah ringan menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever,dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock), dan kematian .( Jeni )