BANDAR LAMPUNG (JL) —Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardo mengajak masyarakat membudayakan memakai batik Lampung. Hal itu diungkapkan Ibu Yustin di depan Asosiasi Batik dan Tenun Nusantara di Aula Gedung PKK Provinsi Lampung, Rabu (18/7/2018).

“Dengan seringnya kita memakai Batik Lampung, maka kita akan mencintainya, itu akan terlihat hidup apabila kita cinta dengan apa yang kita kenakan. Dan saya harap kepada Asosiasi Batik Lampung untuk membantu para pengrajin dan lebih mengembangkan kerajinan Batik Lampung.” ujar Yustin.

Yustin mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung mengapresiasi para pengrajin batik yang tergabung dalam Asosiasi Pengrajin Batik Lampung yang telah mengembangkan Batik Lampung hingga ke mancanegara dengan segala kelebihan dan keunikan corak, warna, dan bahan yang dimiliki.
Yustin juga mengimbau masyarakat Lampung ikut berpartisipasi untuk melestarikan dan menggunakan batik khas Lampung yang memiliki keunikan tersendiri. “Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh Batik Lampung, kita harus menjaga dan melestarikan motif-motif kain Batik Lampung agar tidak punah dan dapat dikenal bukan hanya di Provinsi Lampung saja tapi juga Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Batik dan Tenun Nusantara “Bhuana”, Laila Al Husna, menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi dan dukungan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, yang selama ini menjadi motivator bagi pengrajin Batik Lampung. “Pesan beliau adalah untuk terus mengangkat kain batik khas daerah Lampung agar dapat dikenal masyarakat luas. Kami juga mendapatkan arahan dan dukungan penuh dari ketua Dekranasda dan PKK Provinsi Lampung, Yustin Ficardo dalam peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober 2018 mendatang,”. (Humas Prov)