Rektor Mukri. Foto ist
BANDAR LAMPUNG– Rektor UIN Raden Intan Prof. Moh Mukri membuka secara resmi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2018, di lapangan UIN Raden Intan Lampung, Selasa (14/8/2018).
Rektor menyematkan Id card kepada mahasiswa baru peserta PBAK perwakilan dari setiap fakultas. Pelaksananaan PBAK 2018 ditandai dengan pelepasan 500 balon ke udara.

Dalam amanatnya di hadapan peserta PBAK, Rektor Mukri mengatakan mahasiswa baru harus sungguh-sungguh mengikuti kegiatan PBAK. “Selain itu, mahasiswa juga harus mengetahui prosedur, etika, tata krama yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh mahasiswa,” ujar Mukri.
Dia pun mengingatkan agar mahasiswa dapat menuntut ilmu dengan sebaik-baiknya. PBAK tahun ini mengusung tema Mengembangkan Budaya Akademik yang Ramai dan Toleran Dalam Membentuk Kepribadian Mahasiswa yang Berkarakter, Bermoral serta Berakhlakul Karimah.

Ketua pelaksana PBAK 2018 Drs Jumari Iswadi MM melaporkan, total peserta yang mengikuti PBAK 2018 sebanyak 6.699 mahasiswa tahun akademik 2018/2019. Jumlah tersebut terdiri dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) sebanyak 2.740, Fakultas Syariah (FS) sebanyak 922, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sebanyak 1.098, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) sebanyak 880 dan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) sebanyak 1.059.
Acara pembukaan pembukaan PBAK ini juga diisi dengan parade 18 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan materi, diantaranya yaitu materi tentang wawasan keislaman oleh MUI Lampung, wawasan kebangsaan oleh Polda Lampung dan bahaya narkoba oleh BNN Lampung,(*)