BANDAR LAMPUNG — Tingginya tuntutan pekerjaan saat ini baik di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun profesional muda di perusahaan-perusahaan swasta mendorong Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya terus melakukan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).
Salah satunya adalah terus meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan pascasarjana yang diselenggarakan di kampus ini. Untuk itu, IIB Darmajaya membuka pendaftaran mahasiswa pascasarjana hingga 30 September 2018.

“Perkuliahan akan kami mulai awal Oktober sesuai kurikulum yang ada. Untuk itu, yang masih akan bergabung masih bisa melakkan pendaftaran,” kata Rektor IIB Darmajaya Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc, Rabu (5/9/2018). Firmansyah juga menjelaskan IIB Darmajaya membuka dua jurusan pascasarjana, yaitu Magister Informatika dan Magister Manajemen. Dengan konsentrasi untuk jurusan Magister Informatika Software Engineering (SE) dan

Information System (IS). Kemudian, jurusan Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Pemasaran. “Kami juga memiliki program Joint Degree dengan UWE Bristol-Inggris dan memperoleh dua gelar sekaligus M.M., dan M.Sc,” kata Firmansyah.

Menurut dia, pascasarjana IIB Darmajaya memiliki dosen tetap bergelar doktor (S3) dengan jam terbang tinggi, berpengalaman, dan profesional. “Bahkan, kami juga memiliki guru besar yang menjadi bagian dari kampus kami yaitu, Prof. Zulkarnain Lubis., M.S., Ph.D, yang juga menjabat Wakil Rektor IV IIB Darmajaya,” kata dia.
Selain itu, lanjut Firmansyah, pascasarjana IIB Darmajaya juga memiliki ahli IT internasional Onno W. Purbo. Ph.D, yang memang sudah menjadi dosen tetap di kampus biru ini sejak dua tahun lalu. “Sebagai kampus manajemen berbasis teknologi, kami ingin pembelajaran pascasarjana lebih berkualitas. Sehingga, kami pun menyiapkan dosen-dosen yang berkualitas dan menghasilkan lulusan terbaik,” kata dia.

Firmansyah juga menjelaskan Program Pascasarjana IIB Darmajaya berkomitmen membuat kurikulum yang up to date dan dinamis disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi dan manajemen. “Bahkan, tenaga pengajar yang kami sediakan dari latar belakang ilmu yang sangat relevan dengan kebutuhan dunia kerja,” kata dia.

Di lain pihak, pascasarjana IIB Darmajaya ditunjang dengan sarana dan prasarana serta fasilitas perkuliahan yang memadai. “Selain itu, kami mengutamakan kualitas pendidikan dan pelayanan prima. Sehingga, bergabung dengan pascasarjana IIB Darmajaya merupakan pilihan tepat,” kata Ketua Yayasan Alfian Husin Dr. Andi Desfiandi, S.E., M.A.

Sejumlah dosen pascasarjana yang aktif mengajar, lanjut Andi Desfiandi, diantaranya Dr. RZ. Abdul Aziz, S.T., M.T; Dr. Suhendro Yusuf Irianto, M. Kom; Dr. Anuar Sanusi, M.Si.; Dr. Rinderiyana; dan Dr. Lukmanul Hakim. “Masih banyak pakar-pakar akademis yang kami miliki sebagai pengajar di Program Pascasarjana,” kata dia. (**)