Foto ist
Bandarlampung- Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Mitra Indonesia, Stefanus William Tanusady berhasil menciptakan game edukasi berbasis android.

Stefanus mengkreasi game yang diberi nama 'D Fight' bertujuan untuk meningkatkan daya ingat pada anak-anak usia belajar, demikian keterangan Ketua Program Pengembangan Karier dan Program Internasional Universitas Mitra Indonesia sekaligus penguji, Arie Setya Putra, MTI.,

Stefanus berujar, dalam aplikasi ini, terdapat dua kategori yaitu Newbie dan Pro. Dalam kategori Newbie, terdapat 3 sub kategori yang dibagi dalam level kesulitan yang berbeda. Sedangkan pada Pro, nantinya memuat 5 tingkatan yang berbeda yang saat ini masih dalam proses penyempurnaan sistem.

"Semuanya berfungsi untuk terapi membantu mengingat tetapi dikemas dengan permainan yang menyenangkan," ujar Stefanus seusai mempertahankan kreasi game D Fight-nya dihadapan penguji dosen UMITRA Indonesia, Sabtu (07/09/2018).

Aplikasi yang berbasis android ini dia tujukan untuk anak-anak dan remaja. Stefanus telah melakukan riset kepada 20 siswa SD sampai SMA/SMK sebelum dipresentasikan sebagai tugas akhir kompre skripsi. Stefanus berharap aplikasi ini membantu anak-anak mudah mengingat obyek tetapi dengan cara menyenangkan, apalagi sebagian anak-anak pada usia itu rata-rata gemar game.

Ketua Yayasan UMITRA Indonesia, Andi Surya, menyambut baik prestasi mahasiswa ini, menurutnya para dosen harus memfasilitasi penelitian di bidang program informatika di lingkungan UMITRA khususnya mahasiswa dan membimbing mereka agar menemukan rumus-rumus baru guna penciptaan game yang bermanfaat untuk umat manusia.

Ketua Pengembangan Karier dan Program Internasional Universitas Mitra Indonesia, Arie Setya Putra, MTI., mengapresiasi karya Stefanus, menyatakan, game ciptaan Stefanus ini, menjadikan pemicu mahasiswa lain untuk berkarya dan mencipta program game lebih baik dan unik. Kuliah bukan hanya bertujuan menjadi karyawan kantoran, tapi bagaimana menjadi technopreneur sehingga dapat membuka karier dan lapangan kerja baru.

"Hal ini selaras dengan pembukaan Prodi Kewirausahaan pada Fakultas Bisnis Universitas Mitra Indonesia. Selamat untuk Stefanus," tandas Arie Setya seraya menutup pembicaraan. (AS)