Rektor IIB Darmajaya, Firmansyah. Foto ist
BANDAR LAMPUNG – Sebanyak 1.318 mahasiswa baru Institut Informatika dan Bisnis (IIB} Darmajaya memulai aktivitas orientasi di kampus biru tersebut Senin (10/9/2018).

“Untuk hari Selasa keesokan harinya, kegiatan tetap berlangsung namun hanya setengah hari, itu juga akan diisi dengan kegiatan keagamaan atau siraman rohani untuk semua mahasiswa di bawah pembimbing dosen agama masing-masing,” kata Dedi Putra, S.E. S.Akt, Kepala Biro Kemahasiswaan IIB Darmajaya.

Dia juga menjelaskan untuk hari pertama mahasiswa akan diberi penjelasan soal kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama orientasi mahasiswa baru di kampus biru itu. Panitia ories juga akan menyiapkan waktu khusus orang tua mahasiswa agar mengetahui apa saja yang akan dilakukan putra-putrinya selama mengikuti perkuliahan di IIB Darmajaya.
“Kamu juga akan mendatangkan materi dari beberapa BUMN dan BUMD dalam ories tersebut. insya Allah kami juga akan menghadirkan menteri dalam kegiatan itu,” kata Dedi.

Guna menghilangkan kejenuhan bagi mahasiswa selama ories, lanjut dia, panitia juga akan menggelar beberapa game, lomba, dan pembagian door prize.

“Kami ingin selama ories mahasiswa baru selalu senang dan semangat dan siap mengikuti perkuliahan selama 7 sampai 8 semester di kampus dengan tagline #darmajayathebest ini,” kata dia.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya Ir. Firmansyah Y Alfian, MBA., M.Sc, menjelaskan selama ories mahasiswa baru akan diberikan pemahaman tentang apa itu Darmajaya The Best. Menurut dia, Darmajaya The Best adalah sebuah budaya yang menjadi pedoman bagi semua sivitas akademika kampus biru ini dalam berkarya. Baik itu belajar maupun bekerja.

“Darmajaya The Best adalah singkatan dari taqwa, heart, empaty, brilliant, energetik, simpaty, dan trustworty,” kata Firmansyah.

Di dalam kalimat itu, kata dia, terkandung makna yang harus dijalani semua sivitas akademika di Darmajaya. Dimana, semua warga di kampus ini harus bertaqwa kepada Allah SWT, sesuai ajaran agama dan kepercayaan masing-masing. “Apapun itu agama yang mereka anut wajib menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya,” kata dia.

Firmansyah juga menjelaskan warga Darmajaya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari di kampus juga harus dengan hati dan penuh keikhlasan, memiliki rasa empati, bekerja cerdas, selalu semangat, memiliki rasa simpati yang tinggi dan dapat selalu menjadi orang yang dipercaya.

“Kami ingin kampus ini selalu tertanam nilai-nilai religi yang tinggi,” ujar Firmansyah.

Dia juga menjelaskan akan ada sesuatu yang akan diberikan kepada mahasiswa baru selama mengikuti ories. Kegiatan ini tidak ada di kampus lain. “Kami menyebutnya GenDJ. Apa itu GenDJ, silahkan ikuti orientasi mahasiswa baru selama lima hari mulai Senin (10/9/2018) ini. Saya berharap selama mengikuti ories akan tumbuh semangat, kebahagiaan dan ikatan persaudaraan yang tinggi antar mahasiswa baru, mahasiswa dengan dosen, dan mahasiswa dengan sivitas akademika lainnya,” kata Firmansyah. (*)